SELAMAT DATANG DI*** Yoe Info***WELCOME***

TV ON

Kamis, Juni 15, 2006

Amerika – Sebuah Negara Impian?


Amerika – Sebuah Negara Impian?
Episode ke-1
Oleh: edllsda99

Dalam pandangan orang-orang di negara ketiga antara lain dari negara-negara di Asia, Karibia dan Amerika Latin, negara Amerika Serikat merupakan suatu negara impian. Mereka ingin datang, menetap dan bekerja di negara yang juga dikenal dengan sebutan Paman Sam ini. Mereka ingin mendapatkan status sebagai permanent resident atau pemegang kartu Green Card agar dengan mudah mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Karena penulis tinggal di negara bagian California, di salah satu kota di Los Angeles County,maka penulis ingin memberikan sekilas pandangan bagaimana kehidupan di Amerika Serikat ini, khususnya di negara bagian California yang terletak di pantai barat benua Amerika. Negara bagian California merupakan negara bagian terbesar ketiga setelah Alaska dan Texas dan banyak sekali dihuni oleh kaum imigran dari berbagai etnis bangsa,

Pantai barat Amerika khususnya kota Los Angeles, San Francisco dan Seattle adalah merupakan pintu gerbang bagi lalu lintas udara dari Asia dan kawasan Pasifik. Dari Jakarta sebelum krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1997 maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menerbangi jalur Jakarta ke Los Angeles Namun sejak tahun 1998 Garuda Indonesia menghentikan penerbangan ini sama sekali. Maskapai-maskapai penerbangan di negara-negara kawasan Pasifik yang menerbangi jalur ke pantai barat Amerika Serikat dari ibukota negaranya masing-masing adalah Singapore Airlines dari Singapura, Eva Air dan China Airlines dari Taipei, Japan Airlines dari Tokyo, Phillippine Airlines dari Manila, dan Malaysian Airlines dari Kuala Lumpur.

Orang-orang dari etnis Asia antara lain Korea, Vietnam, Cambodia, Hongkong, Taiwan, Cina, Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia lebih suka tinggal di kota-kota di negara bagian California karena cuacanya cocok bagi mereka. Walaupun Amerika mengenal 4 musim dalam setahun yaitu Summer (musim panas), Fall atau Autumn (musim gugur), Winter (musim dingin) dan Spring (musim semi) – pada musim dingin di California tidak turun salju. Salju hanya ada dipuncak-puncak gunung yang terdapat di berbagai pegunungan sepanjang California. Hanya kalau musim dingin, tiupan angin-nya yang sangat dingin sampai menusuk ke tulang sumsum.

Jika sedang musim panas (summer) tapi panasnya tidak humid seperti di Indonesia tapi panasnya kering. Kita tidak berkeringat dan tidak merasa haus namun kita harus minum air putih yang banyak. Panas di California berubah-rubah sangat drastis sekali. Kadang panas sekali dan tiba-tiba mendung dan angin dingin menerpa. Jadi gejolak cuaca sering terjadi di California dalam jarak waktu yang sangat singkat.

Kota Los Angeles merupakan salah satu kota terbesar sebagai pintu gerbang masuk Amerika di pantai barat – istilah dalam peta pariwisata lazim disebut US Westcoast Gateway. Los Angeles sendiri merupakan county (semacam kabupaten di Indonesia) yang disebut Los Angeles County. Di dalam Los Angeles County ini ada banyak kota-kota yang jumlahnya melebihi 100 kota diantaranya kota Los Angeles, kota San Gabriel, kota Alhambra, kota San Marino, kota Arcadia, kota Monterey Park dan lain lain. Terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu dalam karangan ini.

(supaya tidak kepanjangan dan bosan dibacanya – sekian episode ke-1 – sampai jumpa di episode ke-2)